No image available for this title

Text

Media Pustakawan : Media Komunikasi Antar Pustakawan/ Endang Fatmawati dkk



Cat:
1. Kajian Resepsi Pustakawan Terhadap Tayangan Gemilang Perpustakaan Nasional 2016 di TV One (Kepala Perpustakaan) (Endang Fatmawati)
2. Komposisi Angka Kredit pada PAK (Penetapan Angka Kredit) Kenaikan Pangkat/ Jabatan Pustakawan Tingkat Keahlian (Pustakawan Ahli Utama) (Abdul Rahman Saleh)
3. Tentang Dalil Lotka. Perbedaan Antara Complete Count Dengan Straight Count : Studi Produktivitas Penulis pada Majalah Visi Pustaka Periode Terbit Tahun 2005-2014 (Pustakawan Ahli Pertama dan Pustakawan Ahli Muda) (Agus Wahyudi dan Arliana Wijayanti)
4. Studi Kemuktakhiran Sumber Rujukan Dua Jurnal Perpustakaan dari Instansi yang Berbeda (Pustakawan Terampil dan Pustakawan Ahli Madya) (Sri Ismi Maulidyah dan Sutardji)
5. Manajemen Keamanan Informasi di Perpustakaan Menggunakan Framework SNI ISO/IEC 27001. (Pustakawan Ahli Pertama dan Pustakawan Ahli Pertama) (Muhammad Bahrudin dan Firmansyah)
6. Persepsi Pustakawan Kementerian Pertanian terhadap Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Pustakawan dan Angka Kreditnya (Pustakawan Ahli Madya) (Rushendi)
7. Tingkat Kepuasan Peminat Informasi pada seminar Periodik Pusat Informasi Pada seminar Periodik Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan (Pustakawan Ahli Madya) (Jelita Wilis)
8. Transisi sosok Pustakawan Menuju Orientasi Layanan Digital Native (Pustakawan Ahli Muda) (Indah Purwani)
9. Pengembangan Pelayanan Literasi Informasi di Perpustakaan (Perpustakaan Ahli Muda) (Donni Yudha Prawira)

1. Penelitian ini merupakan studi tentang khalayak pustakawan dengan pendekatan analisis resepsi. Tujuan penelitian adalah mengetahui encoding tayangan bertajuk Gemilang Perpustakaan Nasional 2016 di TV One kepada khalayak pustakawan dan bagaimana khalayak pustakawan aktif meresepsi pesan kode dalam tayangan Gemilang Perpustakaan Nasional 2016 di TV One. Acara yang mengangkat topik tentang perpustakaan ini berjenis variety show. Data penelitian diperoleh dengan wawancara dan dokumentasi. Temuan penelitian bahwa resepsi pustakawan ternyata memiliki pemaknaan masing-masing terhadap pesan yang disampaikan. Bisa saja tayangan tersebut dihadirkan untuk mendongkrak jumlah khalayak karena TV One barangkali dikenal dengan media yang anti mainstream atau sekedar spectacles TV One agar dianggap pelopor media yang peduli terhadap perpustakaan dan profesi pustakawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa resepsi pesan kode dalam tayangan bertajuk “Gemilang Perpustakaan Nasional 2016” di TV One diketahui ada tiga pembacaan. Negotiated meaning yang bernego dengan identitasnya sebagai pustakawan yang disembunyikan ketika berinteraksi dengan profesi lainnya di masyarakat (informan Dn). Decoding oposisional dimana informan Sw memahami encoding bahwa tidak mengalami perlakuan yang tidak baik dari profesi lainnya. Posisi hegemonik-dominan ketika informan Bd dan Fl menerima tayangan bertajuk “Gemilang Perpustakaan Nasional 2016” secara penuh.

2. Pustakawan merupakan salah satu jabatan fungsional tertentu yang kenaikan pangkat dan atau jabatannya ditentukan oleh Angka Kredit yang diperoleh oleh pejabat fungsional tersebut memenuhi untuk syarat yang sudah ditetapkan. Angka Kredit tersebut dibagi dua bagian yaitu yang termasuk unsur utama di mana angka kredit yang diperoleh tidak boleh kurang dari 80% dan unsur penunjang di mana jumlah angka kredit yang diperoleh tidak boleh melebihi 20%. Angka kredit dari unsur utama terdiri dari AK yang diperoleh dari kegiatan pendidikan dan pelatihan dan kegiatan-kegiatan yang menjadi tupoksi pustakawan seperti perencanaan, pengolahan, pelayanan, dan pengkajian, serta kegiatan pengembangan profesi pustakawan. Sedangkan AK unsur penunjang diperoleh pustakawan dari kegiatan-kegiatan Kepustakawanan yang bersifat menunjang kegiatan pokok pustakawan seperti antara lain keterlibatan pustakawan dalam organisasi profesi, memberikan pelatihan di bidang kepustakawanan, keterlibatan pustakawan dalam tim penilai AK pustakawan dan lain-lain.


Ketersediaan

MED/03/25/3/2018MED/25/3/2018Perpustakaan Pusat (MED/03/25/3/2018)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
MED/25/3/2018
Penerbit Pusat Pengembangan Pustakawan Perpustakaan Nasional : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
90 hlm; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
1412-8519
Klasifikasi
MED/25/3/2018
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Vol. 25 No. 1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this